Penyebab Lantai Keramik Cepat Retak dan Pecah

Penyebab Lantai Keramik Cepat Retak dan Pecah

Lantai merupakan area yang sangat penting dari sebuah rumah yang berguna sebagai area berpijak anda ke seluruh ruangan agar lebih aman dan nyaman. Karena fungsinya itulah, anda perlu mendesain dan membangun lantai dengan perencanaan yang matang agar tidak terjadi kerusakan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Penyebab Lantai Keramik Cepat Retak dan Pecah

 

Saat ini banyak sekali masyarakat yang mendesain lantai dengan menggunakan bahan dasar keramik. Jenis bahan dasar ini memiliki tekstur yang agak licin, mengkilap dan mampu menciptakan kesan yang baik untuk seluruh penampilan rumah. Namun beberapa kendala sering terjadi dimana lantai keramik sering mengalami kerusakan melendung ataupun pecah-pecah. Apakah penyebab hal itu semua? Kali ini kami akan membahasnya secara terinci.

Lantai dengan bahan dasar keramik yang cepat rusak biasanya sering disebabkan oleh tekanan ataupun pergeseran pondasi rumah yang menyebabkan bidang dinding mengalami perubahan posisi. Secara tidak langsung, keramik akan mulai bergerak, untuk kemudian akan terlihat melendung. Disamping itu, perekat dengan kombinasi adukan yang kurang memenuhi standar biasanya akan mempercepat terjadinya kerusakan pada lantai keramik.

Jika lantai keramik anda dipasang pada bidang berbahan beton, potensi kerusakan pada keramik dapat terjadi lebih besar yang disebabkan penyusutan material beton. Anda pun disarankan untuk terlebih dahulu merendam keramik sebelum dilakukan pemasangan agar adukan material dengan kontur keramik dapat bersatu dengan sempurna.

Penyebab terakhir lantai keramik mengalami kerusakan juga dapat disebabkan oleh tingkat penggunaan material pelapis pada bagian bawah keramik yang kurang merata, sehingga menyebabkan terjadinya rongga-rongga udara. Rongga tersebutlah yang memperbesar peluang keramik untuk melakukan pergeseran.

Untuk memperbaiki lantai keramik yang mengalami kerusakan melendung ataupun keretakkan. Pertama kali anda perlu melakukan pengangkatan keramik secara hati-hati menggunakan alat potong seperti gerinda. Dan lakukanlah proses pemasangan ulang dengan bahan material lebih baik seperti semen instan atau lem keramik. Andapun juga perlu memilih jenis keramik yang sesuai untuk digunakan dengan kualitas yang lebih baik dilihat pada tingkat kekuatan dan ketebalannya.

Demikianlah artikel tentang Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah serta Cara mengatasinya semoga dapat menambah pengetahuan anda dalam merawat lantai rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.